25.4 C
New York
Thursday, June 13, 2024
spot_img

Pentingnya Etika dan Etiket Bisnis bagi Blogger di Period Digital


Di period digital saat ini, kita harus tanggap dan cepat mengikuti perkembangan teknologi. Namun, menjadi pintar dalam dunia digital tidak cukup jika kita tidak memiliki kemampuan sosial yang baik. Sebagai seorang blogger, keterampilan menulis saja tidak cukup. Kita juga harus memahami etika dan etiket dalam bersosialisasi.

Mengapa Blogger Butuh Etika dan Etiket?

Sebagai seorang blogger, kita tidak hanya bekerja di balik layar. Sering kali kita diundang untuk menghadiri berbagai acara seperti occasion, seminar, atau workshop. Di saat-saat seperti ini, kemampuan bersosialisasi menjadi sangat penting. Memiliki pengetahuan tentang etika dan etiket akan memberikan keuntungan besar dalam membangun private branding yang kuat. Dengan private branding yang baik, kita akan lebih mudah bersosialisasi dengan sesama blogger atau klien dalam dunia running a blog.

Character Improvement for Blogger

Kesempatan berharga datang dari Komunitas Blogger ISB (Indonesian Social Bloggerpreneur) yang mengadakan webinar bersama Duta Bangsa tentang “Character Improvement for Blogger” pada hari Kamis, 16 Mei 2024. Webinar ini berlangsung selama dua jam dan disampaikan oleh Bapak Rudi Hilman, Direktur Program Improvement Duta Bangsa. Banyak wawasan yang didapatkan mengenai pentingnya kemampuan sosial bagi blogger. Berikut ini adalah rangkuman dari beberapa ilmu yang saya dapatkan selama webinar tersebut.

Apa Itu Etika dan Etiket?

Dalam kehidupan sehari-hari, sering kali kita mendengar kata etika dan etiket bisnis dan menganggapnya memiliki makna yang sama. Padahal, keduanya memiliki arti yang berbeda. Etika adalah refleksi jiwa, ungkapan perasaan seseorang terhadap perilaku atau tindakan orang lain atau diri kita sendiri berdasarkan nilai-nilai yang telah disepakati. Etika lebih mengacu pada aspek ethical, norma-norma, dan falsafah yang memiliki sifat absolut.

Sedangkan etiket adalah cara atau tata cara bagaimana suatu perbuatan harus dilakukan, yang sifatnya relatif tergantung waktu, lokasi, atau situasinya. Dalam pepatah, etiket seperti “dimana bumi dipijak, disana langit dijunjung”, yang berarti di mana pun kita berada, kita harus mengikuti adat istiadat setempat.

Contoh etika antara lain memberi apresiasi yang tulus, mematuhi orang tua, berkata jujur, dan bertoleransi. Sementara itu, contoh etiket termasuk tersenyum, menyapa, membuat kontak mata saat berbicara, dan tidak menyela saat orang lain berbicara.

Fungsi Etika dan Etiket Bisnis

1. Memelihara Suasana yang Menyenangkan: Dengan memiliki etika dan etiket yang baik, suasana kerja atau pertemuan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.
2. Menimbulkan Rasa Saling Menghargai: Etika dan etiket membantu kita untuk saling menghargai satu sama lain.
3. Meningkatkan Efisiensi Kerja: Dengan suasana yang baik dan rasa saling menghargai, efisiensi kerja akan meningkat.
4. Meningkatkan Citra Pribadi: Private branding kita akan semakin baik dengan etika dan etiket yang tepat.
5. Memperluas Jaringan Kerja: Etika dan etiket yang baik membantu kita memperluas jaringan kerja dan membangun hubungan yang kuat.

Keterampilan yang Dibutuhkan dalam Berbisnis

Dalam setiap pertemuan atau acara yang kita hadiri, penting untuk meninggalkan kesan yang baik dan nyaman. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat pertama kali bertemu dengan orang baru:

1. Berjabat Tangan: Lakukan dengan sopan dan tegas tanpa terlalu kuat.
2. Menyebutkan Nama yang Jelas: Perkenalkan diri dengan jelas dan percaya diri.
3. Melakukan Kontak Mata: Kontak mata menunjukkan rasa hormat dan kepercayaan diri.
4. Tidak Membicarakan Bisnis Langsung: Jangan langsung masuk ke pembahasan bisnis, berikan sedikit waktu untuk pembicaraan ringan.

Mengapa Etika dan Etiket Bisnis Penting bagi Blogger?

Penerapan etika dan etiket yang baik akan memberikan manfaat jangka panjang dalam dunia running a blog. Dengan memiliki etika dan etiket yang baik, orang akan lebih terkesan dengan kita, mempermudah kita dalam memperluas jaringan pertemanan dan kerja sama. Ini juga akan membuat orang lain senang bertemu dan bekerja sama kembali dengan kita.

Etika dan etiket bisnis yang baik akan sangat menguntungkan dan membantu kita bertahan dalam jangka panjang di dunia running a blog. Membangun private branding yang kuat dengan etika dan etiket yang baik akan membuka banyak pintu kesempatan dan membuat kita semakin dikenal dan dihargai di dunia digital.

Jadi, selain mengikuti perkembangan teknologi, jangan lupa untuk terus mengasah kemampuan sosial dan menerapkan etika serta etiket dalam setiap aspek kehidupan kita sebagai blogger. Dengan begitu, kita akan menjadi blogger yang tidak hanya cerdas secara digital, tetapi juga memiliki kemampuan sosial yang unggul.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest Articles